TBL-20Q-IDN (Tuberculosis Literacy Competencies for Citizen)

TBL-20Q-IDN adalah kuesioner/ instrumen pengukuran literasi tuberculosis  untuk masyarakat umum yang telah teruji validitas dan reliabiltasnya. Kuesioner ini dikembangkan dan dimodifikasi spesifik dari kuesioner literasi kesehatan secara umum/ general.

Jenis Pengukuran :

Access competencies

Kemampuan mengakses informasi tentang pengertian, pencegahan, pengobatan, risiko, pemeriksaan tuberculosis

Understanding competencies

Kemampuan memahami informasi tentang tuberculosis, gejala, peringatan bahaya rokok, dan pengobatan tuberculosis

Assess competencies

Kemampuan menilai lingkungan tempat tinggal, pentingnya imunisasi, perilaku penularan, tanda dan gejala tuberculosis

Applied conpetencies

Kemampuan menerapkan informasi tentang pemeriksaan, pengobatan, perilaku pencegahan tuberculosis

Hak Kekayaan Intelektual :

  • Kuesioner Pengukuran Tingkat Literasi Tuberculosis (TBL20Q-IDN)

    Surat Pencatatan Ciptaan Nomor : EC00202247488

    Tanggal : 25 Juli 2022

    Pencipta : Kismi Mubarokah, SKM, M.Kes dan Dr. Nurjanah, SKM, M.Kes

Instrumen TB Literacy :

 

Pengukuran Online​​

TBL-20Q-IDN (Indonesia)

(Tuberculosis Literacy Competencies for Citizen)

TBL-20Q-IDN (Inggris)

(Tuberculosis Literacy Competencies for Citizen)

Kismi Mubarokah, SKM, M.Kes

Kismi Mubarokah merupakan dosen yang berfokus pada Keilmuan Promosi Kesehatan di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Beliau merupakan peneliti di kajian literasi, penanggulangan Tuberculosis, dan kesehatan reproduksi dan seksual.

Dr. Nurjanah, SKM, M.Kes

Nurjanah adalah dosen pada Peminatan Promosi Kesehatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, UDINUS. Pada sepuluh tahun terakhir banyak melakukan penelitian terkait dengan pengendalian tembakau, khususnya terkait pelarangan iklan, promosi dan sponsor rokok, kawasan tanpa rokok, e-cigarette dan media literacy terkait rokok. Nurjanah juga banyak terlibat dengan penelitian dan program literasi kesehatan dan aktif dalam Asian Health Literacy Association.